X
10 Penyebab Pencemaran Udara
Pencemaran udara adalah kehadiran satu atau lebih substansi fisik, kimia, atau biologi di atmosfer dalam jumlah yang dapat membahayakan kesehatan manusia, hewan, dan tumbuhan. Pencemaran udara juga dapat mengganggu estetika, kenyamanan, dan merusak properti.

Pencemaran udara dapat disebabkan dari sumber-sumber alami maupun kegiatan manusia. Apa saja penyebab pencemaran udara?

1. Asap Kendaraan Bermotor

Menurut penelitian penggunaan kendaraan bermotor semakin lama semakin meningkat hingga menimbulkan kemacetan di jalan raya. Kendaraan bermotor yang berlebihan akan berdampak pada kelebihan pemakaian bahan bakar hingga semakin banyak gas CO di udara.

Kandungan CO atau karbon monoksida ini dinilai berbahaya bukan hanya pada keadaan udara tapi juga berbahaya untuk makhluk hidup. Pada jangka panjang pencemaran udara dapat berdampak pada gangguan pernapasan dan penyakit lainnya.

2. Pembangkit Listrik

Beberapa pembangkit listrik masih menggunakan bahan bakar yang kurang ramah lingkungan. Beberapa contohnya, seperti batu bara, gas, dan minyak. Efek dari pembakaran bahan bakar yang tidak sempurna merupakan hal yang menghasilkan gas berbahaya yang menyebabkan pencemaran udara.

3. Abu Polutan Letusan Gunung Berapi

Letusan gunung berapi akan mengakibatkan pencemaran udara. Efek yang ditimbulkan dari asap gunung berapi sangat banyak yaitu jarak pandang semakin memendek yang dapat mengganggu aktivitas harian.

4. Limbah Asap Industri atau Pabrik

Limbah asap pabrik merupakan penyumbang terbesar pencemaran udara di dunia. Cerobong asap tersebut tidak memiliki filter untuk hasil pembuangan zat-zat yang digunakan.

Dari beberapa penelitian beberapa zat yang keluar dari proses industri ini berupa zat yang berbahaya seperti karbon monoksida, hidrokarbon, dan senyawa yang dapat membahayakan kesehatan alam dan manusia. Limbah pabrik juga dapat mengakibatkan pencemaran air dan tanah.

5. Limbah Pertanian

Penggunaan pupuk yang berlebihan, seperti gas amonia dan NH3 dapat mengakibatkan dampak yang signifikan kepada keadaan atmosfer. Dampak pencemaran udara dari limbah pertanian dapat menyebabkan terjadinya hujan asam.

6. Kegiatan Pertambangan

Industri pertambangan juga dapat menyebabkan pencemaran udara. Hal ini terlihat dari proses penambangan mineral yang diambil dari perut bumi dan menjadikan banyak polutan yang dihasilkan.

7. Aktivitas Rumah Tangga

Aktivitas rumah tangga yang dapat menyebabkan pencemaran udara adalah pembakaran sampah sembarang dan pengecatan rumah. Kandungan yang dikeluarkan oleh beberapa polutan tersebut sangat menyengat dan bisa menjadi faktor pengganggu kesehatan.

8. Kebakaran Hutan

Penyebab kebakaran hutan dapat terjadi dari musim kemarau yang berkepanjangan ataupun dari aktivitas manusia. Kebakaran hutan menjadi salah satu sumber pencemaran udara yang dapat mengganggu kegiatan sehari-hari dan juga menyebabkan berbagai macam penyakit saluran pernapasan.

9. Timbunan Sampah

Sampah yang menumpuk akan menimbulkan bau dan menyebabkan pencemaran udara. Hal tersebut dikarenakan pengolahan sampah yang kurang cepat dan tidak ditangani dengan tepat.

Polusi yang ditimbulkan juga tidaklah bisa dianggap remeh selain bau yang tidak sedap, dari tempat pembuangan akhir ini juga bisa menjadikan penumpukan gas metana yang membahayakan untuk kesehatan.

10. Illegal Logging

Illegal Logging atau penebangan hutan liar salah satu penyebab utama pencemaran udara. Hutan merupakan penyeimbang alam yang harus dijaga kelestariannya.

Penebangan hutan akan berdampak pada kekeringan yang berkepanjangan, penetralan udara yang terganggu, sistem resapan yang menjadi berkurang dan masih banyak lagi yang lainnya.


dikutip dari detik.com
Informasi Kontak
PT. Tiga Corak Umum

Jalan Meruya Illir Raya No. 63
Meruya, Kembangan
Jakarta Barat 11620
Mobile : +62 811 8585 568
Email : info@ipuriindonesia.com

Office Hour :Monday - Friday ( 08.30 - 16.30 WIB ),
Saturday ( 08.30 - 14.30 WIB )
Ikuti Kami
Layanan Purna Jual
Ipuri Indonesia

Every Day, Every Where, Every Fresh
Superior Product with Nano Ion Bounding Technology, Five Layer Filter, Laser Dust Sensor and Dual Mode Air Cleaning Sensor (PM10 & PM2.5)

©2020 - 2024 IPURI Indonesia. All rights reserved.