X
7 Fungsi & Manfaat Air Purifier, Tangkal Kuman dan Jaga Kesehatan!

Air purifier terdiri dari dua kata dalam bahasa inggris yang digabungkan, yaitu “udara” dan “pembersih.” Seacara harfiah, alat ini memang bermanfaat untuk membersihkan udara dengan menghilangkan jumlah kontaminan (kotoran, kuman atau zat-zat yang berbahaya di udara) di dalam ruangan.

Contoh-contoh yang dikeluarkan oleh air purifier adalah mengeluarkan udara termasuk bakteri, jamur, debu, virus, bau, dan kontaminan berbasis karbon lainnya, tergantung pada teknologi spesifik yang digunakan.

Maka dari itu, penjernih udara telah dijadikan andalan untuk mendapatkan udara sehat di dalam rumah. Terlebih di kondisi saat ini dimana udara bersih sudah sulit didapatkan. Padahal udara bersih sangat dibutuhkan oleh siapa pun termasuk kamu dan orang sekitarmu.

Namun, apakah kamu tahu bahwa air purifier juga mempunyai manfaat-manfaat yang lain termasuk untuk kesehatan? Apakah benar air purifier benar-benar bisa membersihkan udara dalam ruangan? Yuk, cek selengkapnya berikut ini!

1. Menangkal Virus dan Bakteri di Udara

Salah satu manfaat air purifier adalah menghilangkan virus dan bakteri di udara. Sebuah penelitian dengan menggunakan medote tes telah dilakukan di Retroscreen Virology, Inggris.

Mereka melakukan penelitian dengan memasukan virus dalam kotak dan dihitung penurunan jumlah aktivitas virus setelah digunakan air purifier.

2. Menghilangkan Bau Tidak Sedap

Air purifier sudah terbukti menghilangkan bau tidak sedap dan kemampuannya telah lolos dalam serangkaian tes yang dilakukan oleh Japan Spinners Inspecting Foundation.

Tes ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan untuk menghilangkan bau dengan menggunakan enam tingkatan pengukuran bau.

3. Mengurangi jamur

Manfaat air purifier berikutnya adalah untuk mengurangi jamur yang dapat menjadi sumber penyakit. Kemampuan dalam mengurangi jamur telah dibuktikan dengan adanya tes yang dilakukan oleh Japan Food Research Laboratories.

Tes yang dilakukan dengan metode menyemburkan ion PCI di ruangan berukuran 2.6 m3 , jamur tumbuh pada PVC plate – konsentrasi ion PCI 50.000 ions/cm3 dan hasil dari tes membuktikan jumlah dan pertumbuhan jamur dapat dikurangi berkat air purifier.

4. Menghindari Alergi

Hal-hal sederhana seperti hewan peliharaan dan serbuk sari dapat memicu reaksi alergi. Penjernih udara bekerja dengan menggambar di udara yang tercemar dan melewatinya melalui sistem filtrasi.

Beberapa air purifier memiliki pemurnian 3-tahap yang terdiri dari pra-filter (biasanya karbon aktif), filter high-efficiency particulate air (HEPA), dan Ionizer yang melepaskan ion bermuatan negatif ke atmosfer yang kemudian secara positif mengisi partikel udara untuk membuatnya sangat berat, sehingga jatuh ke tanah.

Jika kamu dapat menghilangkan sebagian besar polutan, kamu mengurangi risiko menghirupnya, yang mengurangi jumlah imunoglobulin E (IgE), antibodi yang diproduksi tubuh untuk melawan infeksi dan yang dapat menyebabkan reaksi alergi.

5. Mengatasi Asap Rokok

Merokok pasif sama berbahayanya dengan merokok, terutama untuk paru-paru muda dan kurang berkembang. Ini dapat menyebabkan asma, radang paru-paru, bronkitis, dan penyakit jantung, dan jika kamu memiliki saudara lansia, ini dapat memperburuk kondisi paru-paru seperti emfisema dan dapat memicu demensia.

Pembersih udara dengan filter HEPA dapat menjebak polutan hingga 3 mikron, yang berarti bahwa sebagian besar asap tembakau disaring dari atmosfer untuk mengurangi risiko ini. Jika asap adalah perhatian utama, kamu bisa berinvestasi dalam sistem penyaringan yang memiliki proses 3 tahap: penyaringan karbon pra-aktifkan, HEPA, dan UV-C atau ionizer.

Karbon aktif juga dapat menghilangkan partikel asap dari udara karena partikel menjadi terserap pada permukaan karbon berpori.

6. Mengurangi Asthma

Menurut American Academy of Allergy, Asthma, and Immunology (AAAAI), asma adalah salah satu penyakit kronis yang paling umum pada anak muda Amerika dan menyebabkan lebih dari 10 juta hari sekolah yang hilang setiap tahun.

Pemicu asma seperti spora jamur dan tungau debu mungkin ada di rumah, tetapi pembersih udara bisa menawarkan peluang terbaik untuk menghilangkan udara tidak sedap.

Filter HEPA efektif menghilangkan bulu hewan peliharaan, tungau debu, dan asap tembakau dari udara dan dapat mengurangi kemungkinan peradangan.

7. Menjaga Orang Sakit, Terutama Orang Tua

Pembersih udara HEPA sudah tidak boleh diragukan lagi karena pada kualitas hidup kerabat lanjut usia. Banyak yang akan menderita kondisi pernapasan seperti penyakit paru-paru dan emfisema, dan banyak yang akan memiliki sistem kekebalan tubuh yang rapuh yang rentan terhadap serangan alergen dan polutan.

Penyebaran penyakit yang ditularkan melalui udara menjadi perhatian khusus ketika mencoba untuk menjaga kesehatan orang yang sakit atau orang tua yang dicintai, dan pembersih udara merupakan alat yang sangat berharga untuk menahan gelombang partikel di atmosfer.

Filtrasi 3-tahap pembersih udara berkualitas, termasuk karbon aktif, dan ionizer, menghilangkan 99,7 persen dari semua bakteri berbahaya harus membantu pemulihan dan tingkat kesehatan jangka panjang.

Juga telah ditunjukkan bahwa meningkatkan kualitas udara yang kita hirup dapat memiliki efek positif pada suasana hati kita, membantu pemulihan yang lebih cepat.



Sumber : Tokopedia Blog

Informasi Kontak
PT. Tiga Corak Umum

Jalan Meruya Illir Raya No. 63
Meruya, Kembangan
Jakarta Barat 11620
Mobile : +62 811 8585 568
Email : info@ipuriindonesia.com

Office Hour :Monday - Friday ( 08.30 - 16.30 WIB ),
Saturday ( 08.30 - 14.30 WIB )
Ikuti Kami
Layanan Purna Jual
Ipuri Indonesia

Every Day, Every Where, Every Fresh
Superior Product with Nano Ion Bounding Technology, Five Layer Filter, Laser Dust Sensor and Dual Mode Air Cleaning Sensor (PM10 & PM2.5)

©2020 - 2024 IPURI Indonesia. All rights reserved.